Friday, December 14, 2012

Tips Menginput Data Dengan Daftar Drop-Down Excel 2007

Tips Menginput Data Dengan Daftar Drop-Down Excel 2007

keterbatasan-excel-2007Cara Membuat Daftar Drop Down Excel Untuk Input Data – Menginput data dalam sebuah sel excel mungkin sudah biasa anda lakukan, dan biasanya anda bisa saja memasukkan teks apa saja yang ingin anda masukkan dalam sel tersebut. Namun bagaimana jika kita membuatnya lebih mudah dalam memasukkan sebuah data dengan memberikan data-data yang bisa dimasukkan dalam sel excel dengan mendefinisikannya terlebih dahulu yaitu dengan cara membuat sebuah daftar drop-down (drop down list) sebagai referensi rujukan untuk penginputan datanya. Sebagai sebuah contoh anda bisa lihat gambar Excel dibawah ini.

Pada contoh diatas ada 2 kolom excel dimana pada kolom pertama merupakan kolom yang berisi nama dan pada kolom yang kedua menerangkan status perkawinannya yang hanya terisi 4 macam pilihan yaitu Belum Kawin, Kawin, Cerai Hidup, Cerai Mati. Maka untuk mengisi sel B2 sampai dengan B10 maka anda tidak perlu mengetikkannya secara manual karena excel telah membuatkan daftar drop down yang berisi 4 pilihan yang tinggal anda pilih saja. Saat anda mengklik sel B2 akan muncul tanda anak panah disamping sel B2 dan kemudian anda tinggal mengklik anak panah disampingnya, maka anda akan disuguhi 4 pilihan dari daftar drop down (drop down list) yang telah anda buat sebelumnya. Bagaimana menurut anda cukup membantu mempermudah kita melakukan penginputan data tertentu bukan?

Cara Membuat Daftar Drop Down Excel 2007

  • Silahkan anda seleksi atau pilih sel yang akan dibuat daftar drop down-nya, pada contoh diatas anda pilih sel B2 sampai B10.
  • Pada ribbon Data pada group Data Tools, klik Data Validation
  • Pada kotak dialog yang muncul klik tab Settings pada kotak Allows, klik List
  • Kemudian akan muncul kotak Source. Setelah itu masukkan daftar drop down yang anda inginkan masukkan ke dalamnya. Gunakanlah tanda koma (,) atau titik koma (;) sesuai settingan bahasa komputer anda sebagai batas antara data yang satu dengan lainnya. Pada contoh diatas anda ketikkan BELUM KAWIN;KAWIN;CERAI HIDUP;CERAI MATI pada kotak source dan pada batas antara data yang satu dengan lainnya saya menggunakan tanda titik koma (;) karena settingan bahasa komputernya adalah Indonesia.
  • Jika sudah selesai, akhiri dengan mengklik OK. Jika benar maka hasilnya anda akan melihat seperti gambar dibawah ini. Setiap sel yang sudah dipilih sebelumnya, akan memiliki drop-down yang berisi daftar.
Coba Anda Praktekkan Cara Membuat Daftar Drop Down Excel 2007, Good Luck

Bookmark and Share
Artikel yang berhubungan :


0 comments:

Post a Comment

MULTI TAB 1

VIDEO

MULTI TAB 2

HTML

MULTI TAB 3

MULTI TAB 4

MULTI TAB 5



MULTI TAB 6

Entri Populer

MULTI TAB 7


MULTI TAB 9

Buku Tamu

MULTI TAB 10

Daftar Blog Saya

Search




 
KEMBALI KEATAS
') }else{document.write('') } }